Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda Diam Musik

Tanda diam atau tanda istirahat not balok yang dibahas kali ini. Tanda diam merupakan bagian terpenting dari not balok. Bagi anda yang belajar not balok, harus tahu tanda diam.

Tanda diam atau tanda istirahat adalah tanda yang berfungsi untuk berhenti sementara. Durasi diam (berhenti) ditentukan oleh tanda diam yang diberikan. Meskipun begitu beat (ketukan) tetap berjalan pada setiap bar disesuaikan dengan tempo dan tanda sukat. Kalau dianalogikan tanda diam itu sama seperti not tapi tidak dibunyikan.

Lebih jelasnya lihat tanda diam atau tanda istirahat di bawah ini.


tanda diam / tanda istirahat musik pada not balok


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Keterangan :

Pada bar ke-1 ada tanda diam menempel pada garis ke-4 atau berada pada spasi ke-3 ( not C ) di bagian atas, tanda diam itu bernilai 4 ketuk ( not penuh ) karena tanda sukat di atas adalah 4/4. Jika notasi di atas temponya 60 maka tanda diam itu berdurasi 4 detik.

Pada bar ke-2 ada tanda diam menempel pada garis ke-3 atau berada pada spasi ke-3 ( not C ) di bagian bawah, tanda diam itu bernilai 2 ketuk ( not setengah ). Jika temponya 60 maka durasinya adalah 2 detik.

Pada bar ke-3 ada tanda diam bernilai 1 ketuk ( not seperempat ). Jika temponya 60 maka durasinya adalah 1 detik.

Pada bar ke-4 ada tanda diam bernilai 1/2 ketuk ( not seperdelapan ). Jika temponya 60 maka durasinya 1/2 detik.

Pada bar ke-5 ada tanda diam bernilai 1/4 ketuk ( not seperenam belas ). Jika temponya 60 maka durasinya 1/4 detik.

Pada bar ke-6 ada tanda diam bernilai 1/8 ketuk ( not sepertiga puluh dua ). Jika temponya 60 maka durasinya 1/8 detik.

Pada bar ke-7 ada tanda diam bernilai 1/16 ketuk ( not seper enam puluh empat ). Jika temponya 60 maka durasinya 1/16 detik.

Pada bar ke-8 ada tanda diam bernilai 1/32 ketuk ( not seperseratus dua puluh delapan ). Jika temponya 60 maka durasinya 1/32 detik.

Cara sederhana menghapalkan tanda diam di atas adalah dengan cara membagi dua (2).

Contohnya :

Tanda diam 4 ketuk bagi 2 menjadi tanda diam 2 ketuk . Setelah itu tanda diam 2 ketuk bagi 2 menjadi 1 ketuk, lakukan dengan cara yang sama untuk tanda diam yang lainya. Sebaiknya hapalkan simbol-simbol tanda diam di atas.

Pasangan dari Tanda Diam / Tanda istirahat adalah nilai not, jika ingin tahu tentang nilai not silakan buka postingan ini Nilai Not Balok.

Semoga bermanfaat.