Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Not Balok

Mengenal not balok merupakan bagian awal dari bahasan tentang not balok. Pengenalan gambar not balok dan garis paranada yang dibahas di sini. Cocok bagi yang baru / akan belajar not balok.

Bagi anda yang baru belajar not balok, sebaiknya anda mengenal not balok mulai dari awal yaitu bentuk not balok dan garis paranada. Di bawah ini contoh not balok.


gambar not balok pakai 1 bendera


Not balok memiliki 3 bagian yaitu kepala not, tangkai dan bendera. Gambar di atas adalah not balok yang memiliki 1 bendera artinya not seperdelapan. Jika anda ingin tahu lebih lanjut tentang bendera pada not balok sebaiknya buka postingan yang berjudul Nilai Not Balok.

Sekarang kita lihat garis paranada dan yang lainnya.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


garis paranada pada not balok


Keterangan :

Huruf E, G, B, D, F di bagian pinggir kanan adalah nama garis paranada. Garis pertama dihitung dari bawah yaitu garis E tempat not E. Kemudian di atasnya ada garis G tempat not G, dan seterusnya. Di antara garis disebut spasi, itu ditempati oleh not F, A, C, E ( dari bawah ke atas ). Spasi ini bisa dijadikan pedoman untuk menghapal garis paranada. Ingat saja FACE adalah bahasa inggris yang salah satu artinya adalah wajah. Kalau garis dan spasi digabungkan dan diurutkan maka akan menjadi E, F, G, A, B, C, D, E, F.

Di pinggir huruf E, G, B, D, F ada gambar clef. Kegunaan dari clef adalah untuk memberi tahu alat musik yang digunakan dan notasi. Jika anda ingin tahu lebih lanjut tentang clef silakan buka postingan yang berjudul Tanda Kunci C (Clef C), Tanda Musik F (Clef F) dan Tanda Musik G (Clef G).

Di pinggir clef ada tanda sukat 4/4, ini berhubungan dengan ketukan pada lagu. Jika anda ingin lebih tahu tentang tanda sukat lihat postingan yang terdapat dalam Teori Musik, di sana ada tanda sukat cukup lengkap mulai dari yang sering dipakai sampai yang jarang dipakai.

Tulisan C4 artinya C adalah not C dan angka 4 menunjukkan oktaf ke-empat. Dalam keadaan standar posisi notasi balok seperti di atas. C5 artinya not C pada oktaf ke-5.

Garis Bar adalah garis vertikal yang membatasi bar yang satu dengan bar yang lain dan sebagai penutup. Selain itu garis bar juga digunakan untuk pengulangan, lebih jelasnya silakan buka postingan yang berjudul Garis Bar ( Garis Birama ).

Lanjutan dari postingan ini, jika anda ingin tahu silakan buka postingan ini Nilai Not Balok dan Tanda Diam Musik

Semoga postingan ini bermanfaat bagi anda.



Tag.

Mengenal simbol not balok

Mengenal dasar not balok

Teori dasar not balok.